Tips Menghilangkan Pegal di Betis dan Paha Setelah Bersepeda

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



menghilangkan-pegal-di betis-dan-paha

Bersepeda merupakan jenis olahraga santai yang menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta mental. Namun, tak jarang setelah bersepeda, seseorang dapat merasa nyeri pada bagian kaki, utamanya betis dan paha. Lantas bagaimana sih cara menghilangkan pegal di betis dan paha setelah bersepeda tersebut?

Pada dasarnya, bersepeda sendiri termasuk dalam olahraga aerobik yang mudah dilakukan dan minim risiko terjadinya cedera. Akan tetapi, pada prakteknya seseorang dapat mengalami cedera dan ketegangan otot karena tidak melakukan pemanasan dan pendinginan, teknik yang salah, dan lain sebagainya.

Hal ini tentu akan membuat kaki terasa tidak nyaman setelah bersepeda, salah satunya menimbulkan rasa pegal di betis dan paha.

Nah, untuk Anda yang juga hobi bersepeda dan tak ingin terjebak dengan rasa pegal di betis dan paha, langsung simak 8 tips menghilangkannya berikut ini!

 

1. Istirahat

Tips menghilangkan rasa pegal di betis dan paha setelah bersepeda adalah dengan beristirahat. Setelah latihan intens yang Anda lakukan, memberikan jeda pada tubuh untuk memulihkan dirinya adalah hal yang penting. Selain menjaga otot agar tidak semakin tegang, beristirahat juga dapat mengembalikan energi yang hilang selama Anda bersepeda.

Sebaiknya selama beristirahat, Anda juga perlu membatasi aktivitas yang terlalu berat. Kurangi juga intensitas latihan fisik yang Anda lakukan, agar tidak memberikan beban tambahan pada betis dan paha yang terasa pegal.

 

2. Kompres Dingin

Langkah selanjutnya dalam tips menghilangkan rasa pegal di betis dan paha selanjutnya adalah dengan kompres dingin. Melansir dari Halodoc.com, kompres dingin dapat membantu mengurangi aliran darah ke area yang mengalami cedera. 

Sehingga, kompres dingin dapat memperlambat peradangan dan mengurangi resiko pembengkakan, serta kerusakan jaringan pada betis maupun paha Anda. Selain itu, es juga dapat membantu mengobati pembengkakan pada sendi atau otot yang meradang. 

Namun, untuk mengompres dingin ini, Anda pun tak boleh langsung menempelkan es batu pada betis atau paha. Melainkan, Anda dapat menyimak beberapa langkah di bawah ini:

  1. Balut es batu dengan handuk basah, kemudian aplikasikan pada betis dan paha yang pegal dan meradang selama 20 menit. Lakukan tiap 4-6 jam, selama 3 hari.
  2. Berikan pijatan bertekanan ringan dengan Gerakan melingkar di area yang terasa pegal menggunakan kompres. Lakukan proses ini selama 5 menit maksimal, untuk menghindari frostbite.

Akan tetapi, hal yang perlu Anda ingat adalah kompres dingin ini tidak cocok digunakan bila Anda merasa kram. Karena es batu dapat memperburuk keadaan tersebut.

 

3. Peregangan dan Pijatan

Saat kaki terasa kencang dan pegal, Anda dapat mengurangi kondisi tersebut dengan melakukan peregangan serta pemijatan. Kedua prosedur ini akan membantu mengurangi ketegangan otot dan mengatasi rasa nyeri pada paha maupun betis.

Mengenai peregangan, baiknya lakukan dengan santai dan tidak terlalu intens. Pilih gerakan yang bisa mengurangi rasa pegal pada paha Anda, seperti:

  • Naik anak tangga, lakukan dengan perlahan dan secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.
  • Berdiri menggunakan tumit, lakukan dengan posisi berdiri sambil membuka kedua kaki selebar bahu. Kemudian angkat tumit sehingga Anda berdiri di atas ujung jari kaki Anda sebagai tumpuannya. Pertahankan posisi ini selama 10 detik, kemudian turunkan dan ulangi beberapa kali.

Sementara itu, Anda bisa menggunakan minyak angin yang mudah menyerap, memiliki sensasi panas yang nyaman, dan bahan-bahan terbaik untuk meredakan nyeri otot betis dan paha Anda. Contohnya, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On.

 

4. Gunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On terbuat dari bahan-bahan terbaik seperti camphor, menthol, methyl salicylate, dan patchouli oil. Kombinasi keempat bahan tersebut dapat memberikan efek panas yang meresap hingga ke dalam kulit. Sehingga bisa membantu meredakan nyeri sendi dan otot, meringankan betis dan paha yang pegal karena bersepeda.

Tak hanya itu, dipadukan dengan aroma citrus yang menyegarkan, Anda pun akan merasakan sensasi melegakan di kepala Anda. Rasa penat dan pusing juga akan mereda karena aroma menyegarkan tersebut.

 

 

Cara Menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga sangat mudah, yakni:

  1. Langsung aplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On pada area paha dan betis yang terasa pegal.
  2. Kemudian pijat area tersebut dengan lembut untuk memaksimalkan efek peregangan pada otot-otot yang kaku, serta dapat membantu memperlancar kembali peredaran darah.

 

5. Kompresi

Bila rasa pegal yang dirasakan sangat tidak tertahankan, disertai pembengkakan dan peradangan, Anda bisa menggunakan kompresi untuk meredakannya. Kompresi sendiri merupakan proses melapisi bagian kaki yang terasa nyeri dan bermasalah menggunakan perban elastis.

Membalut bagian betis yang terasa nyeri dengan perban elastis dapat mengurangi rasa sakitnya, serta membatasi gerakan kaki agar cedera yang dialami tidak bertambah buruk.

 

6. Elevasi

Setelah melakukan kompresi, Anda juga bisa mencoba elevasi, yakni memposisikan kaki lebih tinggi dari dada Anda. Langkah ini juga bisa membantu mencegah peradangan dan pembengkakan pada kaki Anda.

Caranya juga sangat mudah, Anda bisa mengambil posisi berbaring, kemudian letakkan bantal yang agak tinggi untuk menyanggah kaki yang sakit.

 

7. Hidrasi yang Cukup

Dehidrasi dapat memperburuk kondisi paha dan betis yang pegal setelah bersepeda jauh. Karenanya, tips menghilangkan pegal di paha dan betis selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Sebab, hidrasi sendiri merupakan aspek yang sangat penting untuk memulihkan otot kaki Anda. Keberadaan air akan membuat cairan bergerak dalam sistem tubuh, sehingga dapat meredakan peradangan, membuang produk limbang, serta memberikan nutrisi yang diperlukan ke otot.

 

8. Pemanasan Otot

Salah satu penyebab betis dan paha terasa pegal setelah bersepeda adalah tidak melakukan pemanasan sebelumnya. Padahal pemanasan sangat penting untuk mempersiapkan tubuh dan otot sebelum melakukan olahraga intens.

Karenanya, pastikan sebelum berolahraga dan bersepeda Anda harus melakukan pemanasan terlebih dahulu. Pilih latihan yang dapat membakar energi Anda dan membantu meningkatkan fleksibilitas otot, sehingga Anda tidak akan mudah mengalami cedera saat berolahraga.

 

Nah, Safeian itu adalah penjelasan mengenai 8 tips menghilangkan pegal di betis dan paha setelah bersepeda. Mudah dan praktis, bukan?

Kedelapan cara tersebut dapat Anda praktekkan secara mandiri di rumah. Apalagi saat memijat betis dan paha menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On.

Berkat desain kemasannya yang travel friendly dan pintar, membuat penggunaan minyak angin ini jadi simple. Anda dapat menggunakan dan mengaplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On dimanapun dan kapanpun saat nyeri otot menyerang.

Bagaimana? Apakah Anda sudah punya persediaan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On di rumah?

Segera beli Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On dan varian produk lainnya di toko terdekat dari rumah Anda!

 

Sumber:

  1. Nyeri otot kaki dan kram setelah main sepeda. Alodokter. dr. Riza Marlina. Diakses 2024
  2. Ini 6 Cara Mengatasi Nyeri Otot Pasca Olahraga Secara Alami. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Rizal Fadli. Diakses 2024
  3. Air Hangat atau Dingin yang Lebih Baik untuk Nyeri Otot?. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Verury Verona Handayani. Diakses 2024
  4. Ketahui Cara Mengobati Nyeri Otot yang Aman Dilakukan. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Rizal Fadli. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar